Jumat, 26 Oktober 2012

Pengertian mangrove


Pengertian mangrove menurut bahasa memiliki banyak versi, Ada yang mengatakan bahwa istilah  tersebut kemungkinan merupakan kombinasi dari bahasa Portugis dan Inggris. Bangsa Portugis menyebut salah satu jenis pohon mangrove sebagai  ‘mangue’ dan  istilah  Inggris  ‘ grove’, bila disatukan akan menjadi ‘mangrove’ atau ‘mangrave’.  Ada pula pula yang mengatakan berasal dari bahasa Malay, yang menyebut jenis tanaman ini dengan ‘mangi-mangi’ atau ‘mangin’. Manakah yang benar??,
Sedangkan pengertian mangrove menurut  ahli mangrove  yaitu :
1. Nybakken (1988)

mangrove adalah sebutan umum yang digunakan untuk menggambarkan suatu komunitas pantai  tropic yang didominasi oleh beberapa spesies pohon yang khas atau semak-semak yang mempunyai kemampuan untuk tumbuh dalam perairan asin.
2. Mac Nae (1968)
kata mangrove digunakan untuk menyebut jenis pohon – pohon atau semak – semak yang tumbuh di antara batas air tertinggi saat air pasang dan batas air terendah sampai di atas rata – rata  permukaan laut.
3. Snedaker (1978)
hutan mangrove adalah suatu kelompok  jenis tumbuhan berkayu yang tumbuh di sepanjang garis pantai tropika dan subtropika yang terlindung dan memiliki semacam bentuk lahan pantai dengan tipe tanah anaerob.
4. Kostermans (1982)
menyebut mangrove sebagai vegetasi berjalan yang cenderung mendorong terbentuknya tanah timbul melalui suksesi alami atau buatan dengan terbentuknya vegetasi baru pada tanah timbul tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

New Tutorial

Follow Us With Facebook