Sabtu, 27 Oktober 2012

Sebaran Genus Acropora di Indonesia dan dunia


Komposisi spesies Acropora meliputi 10 spesies sebagai Acropora endemik di Indonesia (Acropora suharsonoi, Acropora desalwii, Acropora awi, Acropora derawanensis, Acropora halmaherae, Acropora Indonesia, Lima spesies (Acropora turaki, Acropora indiana, Acropora rudis, Acropora russelli, Acropora kosurini) dicatat dari laut India serta Indonesia, tetapi tidak ada di laut pasifik. Tujuh spesies (Acropora cuneata, Acropora crateriformis, Acropora jacquelinae, Acropora batunai, Acropora sermentosa, Acropora nana, Acropora speciosa) yang dicatat pada database dari laut Fasifik (dan kadang-kadang juga Laut Cina selatan dan Filipina) serta Indonesia, tetapi tidak ada di laut India. Dari 61 spesies yang tersisa sebagian besar terdistribusi luas di indo-fasific, meskipun beberapa (Acropora solytariensis Acropora brueggemanni, Acropora glauca, Acropora abrolhosensis) yang terbatas pada indo pusat-Pasifik saja (Wallace, 1998).
Sedangkan kisaran spesies endemik untuk Indonesia distribusinya tidak merata diseluruh  nusantara, beberapa spesies distribusinya secara jelas sangat terbatas misalnya Acropora suharsonoi dan Acropora sukarnoi tersebar di Pulau Nusa Tenggara dan Sumatera-Jawa, Acropora desalwii di laut Banda dan perairan sekitarnya, Acropora halmaherae di laut Maluku dan Acropora derawanensis di laut Sulawesi (Wallace, 1998).
Sumber :
Wallace, CC. and AW. M., 2001. Acropora: Staghorn Corals Indian Ocean-South East Asia-Pacific Ocean. Ocean Environment, NSW, Australia.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

New Tutorial

Follow Us With Facebook