Minggu, 25 November 2012

Thalassia hemprichii


T. hemprichii merupakan salah satu jenis lamun yang tumbuh di perairan tropik dan penyebarannya cukup luas  (Thomascik et. al, 1997). Menurut Kiswara (1992) lamun jenis ini sangat umum dan banyak ditemukan di daerah rataan terumbu, baik yang tumbuh sendiri-sendiri (monospesifik) maupun yang tumbuh bersama-sama dengan lamun jenis lain atau tumbuhan lain (mixed vegetasi).
Fortes (1993 dalam Latuconsina, 2002) mengatakan bahwa T. hemprichii mempunyai rimpang (rhizoma) yang berwarna coklat atau hitam dengan ketebalan 1 – 4 mm dan panjang  3 – 6 cm. Setiap nodus ditumbuhi oleh satu akar dimana akar dikelilingi oleh rambut kecil yang padat. Setiap tegakan mempunyai 2 – 5 helaian daun dengan apeks daun yang membulat, panjang 6 – 30 cm dan lebar 5 – 10 mm.
Menurut den Hartog (1970); Philips dan Menez (1988 dalam Latuconsina, 2002), Thalassia hemprichii dapat diklasifikasikan kedalam :
Divisio  : Anthophyta
  Kelas   :  Monocotyledonia
    Ordo    :  Helobiae
      Famili  :  Hydrocaritaceae
         Sub famili  :  Vallisnerioideae
           Genus         : Thalassia
              Spesies       : Thalassia hemprichii

Sebaran kedalam relatif sempit, dari daerah eulitoral sampai kedalaman 4 – 5m, walaupun juga ditemukan pada kedalaman 30 m. sering merupakan spesies yang melimpah di daerah intertidal rataan terumbu karang yang menerima hempasan energi yang tinggi dengan substrat pasir dan pecahan-pecahan karang yang kasar (Thomascik et al, 1997). Philips dan Menez (1988) dalam Latuconsina (2002) mengemukakan bahwa pada prinsipnya jenis ini didapatkan di daerah sub tidal dari pasang rendah sampai kedalaman 5 m. juga dapat tumbuh di daerah intertidal samapai pinggiran mangrove.

Pustaka :
Latuconsina, M.U., 2002. Studi Kepadatan dan Laju Pertumbuhan Lamun Enhalus acoroide dan Thalassia hemprichii di Pulau Barrang Lompo dan Pulau Bone Batang. Skripsi Ilmu Kelautan. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin Makassar.
Tomascik, T., Mah, A.J., Nontji, A., dan Moosa, M.K., 1997. The Ecologi Of Indonesian Seas. Part two. The Ecologi of Indonesia Series. Volume VII

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

New Tutorial

Follow Us With Facebook